Article Detail

PBR (PEMBELAJARAN BERBASIS RISET KELAS 3 SD TARAKANITA)

Dengan StandarKompetensi Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga kesehatan lingkungan.  Kompetensi Dasarnya membedakan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan. Indikatornya  2.1.1. Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang  sehat, 2.1.2. Menjelaskan ciri-ciri lingkungan yang tidak sehat, 2.1.3. Melakukan riset sederhana tentang kesehatan lingkungan di sekitar rumah dan sekolah.

Kemampuan PBR Siswa kelas 3 ialah pertama, mampu mengajukan pertanyaan apakah lingkungan sekolah dan rumahku sehat ? Kedua menentukan cara menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Ketiga Siswa mampu: 1. menggunakan pengalamannya sendiri  (informasi primer) dan sumber informasi sekunder  untuk menjawab pertanyaan. 2. Mengikuti prosedur sederhana 3. Melakukan pengamatan, melakukan pengukuran, mencatat hasil pengamatan/ pengukuran. Ketiga kemampuan ini sudah difasilitasi: siswa sudah memiliki konsep lingkungan sehat dan tidak sehat, disediakan tabel obyek pengamatan yang menjadi unsur lingkungan sehat atau tidak sehat, unsur kategori yang menunjukkan ukuran sehat dan tidak sehat dari lingkungan dengan gradasi skor. Keempat siswa mampu membuat perbandingan sederhana  dan mengidentifikasi pola-pola atau asosiasi sederhana membandingkan apa yang terjadi dengan apa yang mereka harapkan akan terjadi, dan mencoba menjelaskan/ menggambarkan  apa yang mereka temuka. Dan kelima  siswa mampu mengkomunikasikan apa yang ditemukan secara lisan atau tertulis dalam bentuk tabel tabel, yang diakhiri dengan kesimpulan setelah siswa mencentang kondisi setelah pengamatan, menskor, menjumlah skor, membandingkan jumlah skor dengan kategori, dan terakhir menyimpulkan.

Contoh hasil selengkapnya PBR ini bisa dilihat di gambar tabel PBR yang dikemas dalam kegiatan outing class. Tentu kesimpulan tiap anak berbeda dikarenakan perbedaan persepsi tentang pengamatan lingkungan. Yang dipentingkan dari PBR ini adalah proses, dari menggunakan kemampuan kognitif ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat, diterapkan dalam PBR.

Comments
  • there are no comments yet
Leave a comment